Pengertian MYOB

         PENGERTIAN, KELEBIHAN-KEKURANGAN, SERTA MANFAAT MYOB

Dalam pos ini  kita akan membahas tentang MYOB dan kegunaannya 
        1.      Pengertian MYOB (Mind Your Own Business)
MYOB merupakan software olah data secara terpadu ( integrate software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam Command Center, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu kedalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan
Singkatnya, MYOB adalah program komputer yang membantu dalam mengolah dan menyampaikan informasi akuntansi secara lengkap dan akurat
Terdapat 3 versi MYOB di indonesia, antara lain : MYOB Basic, MYOB Accounting, MYOB Premier

        2.      Kelebihan MYOB
-          User Friendly ( mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi
-          Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user
-          Kemampuan ekplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui expor/impor file yang merepotkan
-          Kemampuan transback semua laporan ke sumber dokumen dengan sumber transaksi
-          Dapat di aplikasikan untuk 105 perusahaan yang direkomendasikan
-          Menampilkan laporan keuangan komperasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik
-          Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan Mahasiswa maupun pelajar oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengolahan perusahaan.

        3.      Kekurangan MYOB
Diantara kelebihan-kelebihan MYOB di atas sayangnya masih terdapat beberapa kekurangan dari MYOB, diantaranya sebagai berikut :
-          Tidak ada modul fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengolah assets yang dimiliki maka harus mebeli add on lagi
-          Tidak ada modul Intercompani Reporting, sehingga apabila perubahan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
-          Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan Multi Company, artinya laporan konsolidasi tda dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB
-          Database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transkaksi yang besar dan kompleks

       4.      Manfaat MYOB
MYOB bermanfaat untuk mempermudah menyusun laporan keuangan perusahaan dengan efisien dan cepat. Keuntungannya menggunakan software ini adalah kecepatan dalam mengelola data terkadang data sudah dilakukan secara otomatis oleh komputer, bila dibandingkan menggunakan secara manual. Pengguna komputer juga memiliki kecepatan tinggi. Aplikasi ini juga mampu menghasilkan dan menapilkan data yang mudah dan cepat.
Semoga bermanfaat J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tugas Perusahaan jasa MYOB v18

Contoh Tugas Perusahaan Dagang MYOB